Rabu, 25 Juli 2012

Menakar Prestasi Pendidikan di Depok

Siapa yang tak kenal Universitas Indonesia (UI), sebuah perguruan tinggi ternama di Indonesia yang terletak di Kota Depok. Selain UI, banyak lagi universitas swasta terkenal yang berada di Kota Depok. Sehingga masyarakat dari seluruh pelosok Indonesia berduyun-duyun mendatangi Depok demi mengejar mutu pendidikan terbaik di negeri ini.

Kualitas pendidikan di Depok memang terbaik. Bisa dikatakan, layak jika Kota Depok ditasbihkan sebagai kota pendidikan. Terbukti, pelajar di Kota Depok banyak terpilih dan meraih prestasi pada berbagai ajang olimpiade sains untuk mewakili Propinsi Jawa Barat, nasional, hingga level internasional.

Untuk tahun 2010, banyak pelajar Depok yang berprestasi di dalam Olimpiade Sains Nasional (OSN). Antara lain Imam Agung Raharja yang berasal dari SMA Pribadi Depok dengan memperoleh Emas untuk cabang Fisika. Lukman Hakim dari SMAN 1 Depok memperoleh Emas untuk cabang Kimia, dan Rahganda dari SMA Pribadi Depok dengan pretasi medali Perak. Di Cabang Fisika, Ervano Nurriyadi dari SMAN 2 Depok memperoleh mendali Perunggu. Sedangkan di cabang Astronomi, Muhammad Iqbal Imaduddin dari SMAN 1 Depok memperoleh perunggu. Untuk cabang Ekonomi, Atikah Nur Pajriyah Raharja dari SMAN 2 Depok mendapatkan mendali Perunggu.

Tidak hanya di kancah nasional, di kancah internasional pelajar Kota Depok juga memiliki prestasi. Salah satunya Alham Fikri Aji, siswa SMAN 1 Depok yang juga merupakan anggota kontingen Tim Olimpiade Komputer Indonesia dalam International Olympiad in Informatics (IOI) ke-22 di Kanada yang berlangsung pada bulan Agustus lalu. Dalam perlombaan tersebut Aji memperoleh prestasi dengan mendapatkan medali perak. Dengan prestasi tersebut, Aji tidak hanya mengharumkan Kota Depok namun juga bangsa Indonesia.

Tenaga pendidik atau guru Depok tak kalah dalam prestasi. Diantaranya Listiyawati, S.Pd.Bio, guru SMPN 6 Depok, meraih Juara II guru Berpretasi tingkat SMP tingkat nasional. Dan M.Taufiqurrahman, SS, Kepala Sekolah TK Tunas Global Depok menjadi Juara III Kepala Sekolah berprestasi tingkat nasional.
Semua prestasi yang diraih adalah sebagai wujud keberhasilan tidak hanya pemerintah namun masyarakat pendidikan Kota Depok. Sebab pendidikan adalah pintu gerbang kemajuan sebuah bangsa. Dengan prestasi yang sudah terukir tersebut, Kota Depok menjadi salah satu barometer pendidikan di Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar